Waspada, 8 Lokasi Ini Adalah Incaran Petir

Manakala kilat terlihat di langit dan suara gemuruh petir sudah mulai terdengar, Anda mungkin perlu waspada terhadap bahaya petir. Petir adalah gejala alam yang umumnya muncul pada saat musim penghujan. Petir ini muncul berupa kilatan cahaya yang akan disusul dengan suara guruh. Fenomena petir terjadi akibat perbedaan potensial antara awan dan bumi, atau dengan awan lainnya.

Petir yang menyambar biasanya akan mencari tempat di permukaan bumi yang lebih tinggi untuk menyalurkan muatan listrik tersebut langsung ke tanah. Besaran petir pun minimal adalah 1 juta volt per meter. Tak heran bila Anda harus waspada saat terjadi petir. Ada beberapa lokasi yang rawan untuk terjadi petir. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lapangan yang Luas

Lapangan luas adalah tempat incaran petir yang paling sering terjadi kilatan petir. Bila Anda berada di ruang terbuka semacam ini, segera berlari bila terdengar suara gemuruh. Kenali ciri-ciri datangnya petir berupa terbentuknya segerombol awan hitam menyerupai kol. Segera lari menepi dan masuk ke dalam bangunan atau ke dalam mobil.

2. Kolam Renang

Kolam renang juga menjadi sasaran dari terjadinya sambaran petir. Apalagi bila kolam renang tersebut cukup luas dan tidak ada sesuatu yang tinggi di sekitarnya. Anda jangan berenang pada saat petir menyambar pada saat penghujan. Muatan listrik yang ada pada tubuh bisa dikenali petir sebagai salah satu sasaran untuk menghempaskan muatan pada awan. Meski resikonya kecil, tetap saja hal ini beresiko.

3. Sawah Tanpa Pepohonan

Berada di sawah dengan tanpa pohon di sekitaranya juga patut untuk diwaspadai. Anda harus segera mencari perlindungan dengan menepi ke area yang memiliki banyak bangunan.

4. Bawah Pohon

Pada saat hujan, jangan pernah berpikir untuk berteduh di bawah pohon. Pohon yang tinggi justru menjadi incaran muatan listrik dari awan karena memiliki jarak yang lebih dekat dengan tanah. Berlindung di pohon bisa beresiko tersambar petir.

5. Tiang Listrik

Hindari tiang listrik pada saat hujan disertai petir. Tiang listrik pada umumnya juga sudah dirancang sedemikian rupa supaya bisa menyalurkan muatan listrik langsung ke tanah. Anda bisa menghindari tiang listrik saat hujan petir karena resiko terjadinya sambaran listrik umumnya lebih besar di tempat seperti ini.

6. Menara Bangunan

Jika Anda sedang berada di ketinggian menara bangunan, ada baiknya Anda segera turun. Sambaran petir bisa melalui menara bangunan yang bisa menyebabkan kejutan listrik bagi siapa pun yang masih berada di dalamnya.

7. Bangunan Tinggi Tanpa Penangkal Petir

Mana kala Anda berada di bangunan tinggi tanpa penangkal petir, petir juga memiliki potensi yang cukup besar untuk menyambar bangunan tersebut. Kejutan listrik biasanya akan berpengaruh pula pada lingkungan sekitar.

8. Struktur Logam yang Tinggi

Logam adalah material yang paling mudah untuk disambar petir. Hindari berteduh atau berada di dekat struktur bangunan dengan kerangka logam yang banyak saat terjadi hujan petir.