Simak Cara Tangkal Noda Kuning di Ketiak Baju

Kemeja warna putih merupakan salah satu pakaian yang wajib dimiliki oleh semua orang, terutama pekerja. Warnanya yang netral dapat lebih mudah dipadukan dengan bawahan berwarna gelap lain serta jas dan dasi yang seolah menjadi setelan standar. Akan tetapi, ada masalah klise yang seringkali dihadapi oleh para pemakai baju putih, baik kemeja maupun kaos, yaitu warna kuning yang muncul di bagian ketiak.

Noda kuning pada bagian ketiak baju disebabkan oleh interaksi kompleks dan berulang kali antara deodoran dan minyak dalam keringat. Munculnya noda tersebut tentu menimbulkan tidak kenyamanan dan kehilangan kepercayaan diri, apalagi saat harus bertemu dengan orang lain baik dalam kesempatan kasual maupun formal. Untungnya, masih ada cara bagaimana menghilangkan noda kuning pada baju terutama bagian ketiak, yaitu:

  1. Hindari mencuci baju menggunakan air panas atau mengeringkan baju dengan pemanas sebab membuat bekas noda yang telah dibersihkan menjadi permanen. Sebaiknya tetap gunakan air dingin dan biarkan baju kering sendiri di bawah sinar matahari dan dengan sirkulasi udara yang baik.
  2. Hindari penggunaan pemutih baju berbahan klorin. Meskipun seringkali diiklankan bagaimana pemutih bisa mengembalikan warna pada baju putih, ternyata bahan klorinnya justru akan membuat noda menjadi lebih hitam. Penyebabnya yaitu bercampurnya keringat dengan bahan pemutih tersebut.
  3. Kenakan kaus putih berbahan 100% katun di dalam kemeja atau gunakan pelindung ketiak untuk menghindarkan keringat langsung menempel pada pakaian luar. Alternatif lainnya, gunakan deodoran yang tidak mengandung aluminum.

Seperti dalam hal kesehatan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Langkah-langkah di atas merupakan cara pencegahan yang dapat menghindarkan noda kuning muncul di baju. Sedangkan jika sudah terlanjur, berikut ini beberapa metode membersihkan noda kuning di ketiak baju yang bisa dipraktekkan tanpa menggunakan pemutih:

  1. Campurkan 4 sendok soda kue dengan satu seperempat gelas air. Kemudian, gosokkan pada bawah ketiak baju menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Diamkan selama satu jam dan cuci serta keringkan dengan mesin dengan tingkat panas yang tidak terlalu tinggi. Ulangi cara tersebut selama diperlukan.
  2. Gunakan cuka putih murni dan campurkan ke dalam air untuk merendam pakaian selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu, cuci dan keringkan. Ulangi cara yang sama bila diperlukan.
  3. Manfaatkan sodium bikarbonat dan cuka. Sebelumnya basahi dahulu noda dengan air. Campurkan sodium bikarbonat dan air sehingga menjadi pasta kental. Oleskan campuran tersebut secara tebal pada bagian yang terkena noda. Kemudian tambahkan cuka putih murni ke dalam pasta dan tunggu reaksinya. Setelah itu, biarkan bagian yang telah diolesi pasta mengering seluruhnya, baru setelah itu gosok dengan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa sodium bikarbonat. Terakhir, cuci baju seperti biasa.