Siapa yang menemukan istilah wkwkwk?

Pada beberapa tahun belakangan ini, warga Indonesia terutama kaum muda begitu akrab dengan berbagai istilah yang bisa dikatakan unik, lucu sampai aneh. Istilah-istilah tersebut akhirnya berkembang menjadi salah satu pelengkap ketika sedang berinteraksi di dunia maya baik berupa obrolan dalam forum-forum online maupun media sosial. Bagi para pengguna internet pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah tersebut bahkan beberapa diantaranya menjadi booming sebut saja “hohoho”, “wkwkwk” dan masih banyak lagi. Khusus untuk istilah “wkwkwk” istilah ini sudah cukup lama begitu populer dikalangan masyarakat Indonesia, bukan hanya didominasi oleh kaum muda saja namun sudah menyesar hingga ke orang dewasa dan anak — anak. Sebenarnya apa arti dari “wkwkwk” itu sendiri dan siapakah penemunya ?

Arti dari Istilah “Wkwkwk”

Kombinasi dua hurup w dan k yang diulang hingga tiga kali atau lebih pada Istilah “wkwkwk” bukan hanya terlihat menari tetapi juga terdengar lucu pada saat dibunyikan, tak ayal jika keberadaan istilah ini dalam sebuah obrolan yang umumnya dilakukan secara tulisan akan membuat obrolan tersebut menjadi lebih menarik. Jika ditelisik lebih dalam ketika istilah “wkwkwk” mulai diucapkan maka bunyi yang keluar akan menyerupai suara Donal Bebek.

Secara umum istilah “wkwkwk” diartikan sebagai ekspresi tertawa dengan terbahak-bahak atau ngakak, sehingga frase ini dapat digunakan untuk menggantikan icon atau emote yang biasanya sudah disediakan oleh beberapa media sosial atau chat. Dalam dunia ilmiah “wkwkwk” termasuk kedalam istilah onomatopoeia. Kata yang berasal dari bahasa Yunani ini berarti membuat nama. Secara garis besar onomatopoeia diartikan sebagai sebuah kata yang lahir untuk menirukan suara atau bunyi tertentu.

Siapa Penemu Istilah “Wkwkwk” ?

Siapa penemu istilah “wkwkwk” ? Jawaban dari pertanyaan ini masih menjadi mistreri sampai saat ini namun dari  beberapa sumber menyatakan bahwa istilah ini pertama kali dibuat oleh orang Indonesia. Selain “Wkwkwk” orang Indonesia juga sering menggunakan istilah onomatopoeia lainnya untuk mengekspresikan ketika sedang tertawa dalam sebuah ketikan diantaranya adalah Hkhkhk, Hahaha, Hihihi, Hohoho, Xixixi, Ckikiki, Ckakaka, Agagaga, Ahihihi, Gagaga, Wakwakwak dan Qeqeqe. Biasanya setiap orang akan berbeda-beda dalam mengekspresikan tertawa dalam ketikan.

“Wkwkwk” dalam Berbagai Negara

Bukan hanya di Indonesia, ketahui bahwa pada beberapa Negara warganya juga menggunakan istilah-istilah khusus (istilahonomatopoeia) yang unik ketika sedang berinteraksi di dunia maya, termasuk istilah yang mengekspresikan tertawa terbahak-bahak layaknya “wkwkwk” yang digunakan oleh orang-orang Indonesia. Negara-negara tersebut adalah :

  • Puerto Rico menggunakan istilah “jajaja”
  • Brazil menggunakan istilah “kkkkk”
  • Kanada menggunakan istilah “wukaywukaywukay”
  • Jepang menggunakan istilah “wwwwww”
  • Thailand menggunakan istilah “555555”
  • Malaysia menggunakan istilah “kahkahkahkah”.

Bukan hanya untuk mengekspesikan aksen bahagia saja, onomatopoeia juga berlaku untuk ekspresi menangis sampai cemas. Walaupun pengertian kita untuk sebuah keadaan menangis dan kondisi bunyi jantung berdegub itu kurang lebih sama namun ternyata setiap negara mempunyai keunikan onomatopoeia nya sendiri-sendiri contohnya adalah ketika menangis maka secara otomatis aksen yang dimunculkan adalah boo hoo, hal ini berbeda negara Finlandia karena mereka akan menggunakan aksen byääh, begitu pula di Jepang yang direpresentasikan tangisan dengan Shiku-Shiku.

Hal yang tidak jauh berbeda juga berlaku ketika jantung berdegu. Jika lazimnya di Indonesia berbunyi dig dag dug, maka Inggris bunyi jantung berdetak diinterpretasikan dengan thump thump, sementara di Denmark dengan dunk dunk.