Sanggupkah Bumi, jika seluruh manusia melompat bersamaan?

Beberapa orang bertanya-tanya tentang apa yang sebenarnya akan terjadi jika manusia di bumi melompat dengan serentak. Sebenarnya, pertanyaan ini sudah ada sejak lama dan selalu menjadi misteri. Nah, mari kita telaah satu per satu berdasarkan mitos, fakta, dan logika.

Mitos

  1. Konon katantya, jika seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan, akan terjadi gempa besar-besaran. Ini karena kekuatan hentakan yang dihasilkan dari lompatan semua orang di muka bumi ini yang notabenenya ada lebih dari 7 miliar orang sangat besar sehingga bumi pun akan terguncang.
  2. Apabila seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan, gempa kecil akan terjadi. Katanya, meski kekuatan hentakan yang dihasilkan dari lompatan semua orang di muka bumi ini cukup besar, kekuatannya tidak akan sebanding dengan kuatnya bumi kita.
  3. Jika seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan, posisi bumi akan bergeser. Yah, bisa dibayangkan mungkin posisi bumi di tata surya akan bergeser sedikit. Mendekat ke Venus atau Mars nih?

Nah, ketiga mitos itulah yang sering terdengar berkaitan dengan seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan. Terus yang benar yang mana? Mari kita bahas.

Logika Perhitungan

Jika dilihat dari logika, yang akan terjadi apabila seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan adalah: tidak akan terjadi apa-apa. Bagaimana bisa? Bagaimana dengan gempa dan pergeseran posisi bumi di tata surya?

Mari kita berpikir secara logis. Di muka bumi ini ada sekitar 7,3 miliar orang. Katakan saja berat badan masing-masing orang 70 kg. Maka berat total seluruh manusia di bumi ini adalah 511 miliar kilogram atau jika disingkat 5,11 x 10^11 kg. Sementara itu total berat bumi kita ini adalah 6 x 10^24 kg. Jadi jika dibandingkan berat seluruh manusia di bumi versus berat bumi adalah sekitar 1 banding 12 triliun. Ya, butuh 7,3 miliar dikali 12 trilun orang untuk menayamai berat bumi. Jadi, jika hanya melompat saja ke 7,3 miliar orang itu, bumi tidak akan mengalami perubahan apapun. Jangankan bergeser posisinya di tata surya, bahkan getaran pun tidak akan terjadi.

Jadi tidak perlu khawatir dengan mitos-mitos tentang seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan. Secara logika dan secara matematika, gempa bumi ataupun pergeseran posisi bumi di tata surya tidak akan pernah terjadi hanya karena seluruh manusia di muka bumi ini melompat secara bersamaan.