Pengertian Manajemen Secara Umum dan Para Ahli

Seperti kita ketahui, dalam ranah bisnis dan leadership, manajemen dianggap sebagai ilmu yang dijunjung tinggi. Di setiap organisasi, perusahaan, hingga UKM pun berlomba menghadirkan dan ‘mendidik’ karyawan hingga CEO agar tidak tetap ‘update’ dengan ilmu manajemen ini.

Ini karena telah banyak cerita yang menghadirkan kegagalan dalam berbisnis ataupun memimpin perusahaan. Namun, sangat jarang, mereka menyadari kesalahan dalam manajemen ini. Lebih sering, mereka yang gagal ini suka menyalahkan orang lain dan kondisi ekonomi.

Pengertian manajemen secara umum dan manajemen menurut para ahli

Minimnya pengetahuan akan manajemen sangat fatal akibatnya. Banyak perusahaan dan bisnis mengalami kebangkrutan telak. Inilah penjelasannya.

  • Pandangan umum dari manajemen ini persepsinya cukup beragam. Makna keseharian dalam pandangan umum lebih mengacu pada seni mengatur dan mengelola. Sedangkan sebagai sebuah skill, manajemen didefinisikan sebagai kemampuan dalam memengaruhi orang lain agar mau melakukan sesuatu untuk kita secara efektif dan efisien.
  • Sebagai sebuah seni, manajemen menjadi begitu krusial dalam fungsinya agar perusahaan, entitas bisnis, ataupun organisasi tetap stabil dan bertahan dari kebangkrutan.
  • Lalu bagaimana dari sudut pandang seorang ahli? Lawrence A. Appley mennyetujui pandangan umum yang menyatakan bahwa manajemen lebih merupakan sebuah seni. Seni untuk mencapai tujuan tertentu, melalui usaha yang dilakukan orang lain.
  • Manajemen menurut G.R Terry adalah sebuah proses yang meliputi perencanaan, pengaturan, pengarahan, serta pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai tujuan tertentu menggunakan sumber daya manusia serta sumber lainnya.

Nah, sekarang Anda sudah cukup memahami pengertian manajemen, dan manajemen menurut para ahli ini. Anda tentu setuju bahwa ilmu manajemen ini tidak bisa dianggap enteng – bahkan dalam kehidupan sehari-hari – meski tidak banyak orang yang menyadarinya.

Manajemen saat ini sudah dianggap semakin penting, terbukti cukup banyak orang baik tua maupun muda yang mempelajarinya. Para senior mempelajarinya, karena pengalaman pernah gagal mengelola perusahaan ataupun proyek. Sedangkan bagi yang muda,  cenderung belajar karena menginginkan bekal, untuk menyongsong  masa depan.

Mengingat fakta  pentingnya manajemen ini, tentu Anda ingin tahu cikal bakal munculnya ilmu manajemen ini bukan?

Sejarah Ilmu Manajemen

  • Berdasar fakta ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu,. Ini terbukti adanya piramida Giza di Mesir. Bila tidak ada manajemen yang baik piramida terbesar ini pun, tak akan bisa Anda nikmati sampai saat ini.
  • Keindahan kanal-kanal di Venesia Italia, juga merupakan saksi bisu adanya manajemen di tahun 14000-an. Ada gudang senjata dan kapal perang di sepanjang kanal. Lalu ada bahan baku dan tali layar yang dikaitkan ke kapal. Inilah model perakitan yang kemudian dikembangkan oleh Henry Ford, untuk merakit mobil-mobilnya
  • Selanjutnya kita harus mencatat sebuah peristiwa penting di tahun 1776 saat Adam Smith menampilkan doktrin ekonomi klasik “The Wealth of Nation’. Buku ini menjelaskan tentang keunggulan ekonomis yang akan diperoleh organisasi atas pembagian kerja.
  • Peristiwa ke-2 adalah Revolusi Industri di Britania, yang ditandai dengan banyaknya penggunaan mesin untuk menggantikan peran manusia. Aktivitas produksi di rumah pun mulai berpindah ke tempat yang saat ini kita kenal dengan“pabrik”.

Nah, itulah pengertian manajemen secara umum dan manajemen menurut para ahli.  Semoga bermanfaat ya.