Lakukan Hal Ini, Maka Anda Bisa Kendalikan Mimpi Disaat Tidur

Mengendalikan mimpi atau Lucid Dream adalah suatu keadaan dimana Anda sedang bermimpi tetapi anda sadar dengan hal tersebut sehingga Anda dapat mengendalikan mimpi tersebut dan dapat melakukan apa saja yang ada didalam mimpi Anda sekuat imajinasi Anda.

Langkah Melakukan Lucid Dream

Sebelum memasuki cara mengendalikan mimpi pada saat tidur terlebih dahulu Anda melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Mencubit bagian tubuh

Sebelum tidur sering bertanya pada diri sendiri “apakah saya bermimpi?” sambil mencubit bagian tubuh baik itu pipi, tangan, maupun yang lainnya. Hal ini dapat membantu Anda sebagai teknik mencapai lucid dream di tempat tidur Anda.

2. Jurnal mimpi

Membuat jurnal mimpi dan meletakannya dekat dengan ranjang sehingga pada saat Anda terbangun Anda dapat secara langsung menulis mimpi Anda.

3. Mengingat mimpi

Dengan Anda mempunyai jurnal mimpi maka Anda dapat mempelajari dari masa-masa pada saat Anda bermimpi. Setelah waktu 60 menit biasanya seseorang akan dapat langsung memasuki alam mimpinya ketika tertidur. Apabila Anda terbiasa untuk selalu mengingat mimpi Anda maka keadaan tersebut akan mempermudah Anda untuk bisa menggunakan teknik mencapai lucid dream atau mengendalikan mimpi pada saat tidur.

4. Mengendalikan mimpi

Setelah Anda mempraktekan langkah-langkah tersebut maka selanjutnya Anda dapat memasuki cara mengendalikan mimpi atau Lucid Dream pada saat tidur.

WILD (Wake Indunce Lucid Dream) merupakan teknik yang dapat Anda lakukan melalui kesadaran dari Anda sendiri untuk bisa memasuki ke fase lucid dream. Atau secara garis besar Anda tidak tidur artinya Anda tetap terjaga hingga Anda melewati masa REM (Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dapat terhubung langsung dengan dunia lucid dream. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Relaks dan menanamkan pada diri Anda jika Anda akan melakukan lucid dream.
  • Pejamkan mata Anda dan arahkan diri Anda terhadap sesuatu yang membutuhkan imajinasi dan emosi yang tinggi seperti membayangkan gradasi warna. Anda juga harus berusaha untuk tetap terjaga dan tidak akan memasuki rasa tertidur secara pulas atau deep sleep.
  • Fase yang terdapat didalamnya Anda harus menikmati dan merasakannya baik itu tarikan, getaran, maupu yang lainnya. Anda tidak dibolehkan untuk berontak pada saat fase tersebut terjadi.
  • Kemudian Anda akan memasuki fase sleep paralyze dan pada fase ini Anda tidak boleh menghadirkan rasa takut Anda. pada fase ini Anda seperti terbangun namun tidak dapat menggerakan anggota tubuh Anda.

Kemudian teknik lain yaitu MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams) yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge dimana dapat dilakukan dengan bantuan dari mimpi yang sebelumnya pernah terjadi. Adapun beberapa langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Melakukan tidur normal terlebih dahulu dan pasang alarm untuk 3 sampai dengan 4 jam kedepan lalu Anda harus bangun.
  • Pada saat Anda terbangun dari bunyi alarm maka Anda harus mencoba untuk mengingat mimpi Anda sebanyak-banyaknya.
  • Jika sudah maka Anda dapat mencoba untuk tidur kembali dan visualisasikan mimpi Anda yang tadi secara detail dan Anda katakana pada diri Anda “Saya sadar sedang bermimpi”

5. Tanda tangan

Berikan tanda pada tangan Anda seperi coretan huruf pada bagian telapak tangan dengan puplen atau spidol. Anda harus selalu mengingat tanda yang Anda buat dan tanamkan pada memori Anda bahwa “jika saya bermimpi tanda ini akan terus muncul”. Hingga nanti pada saat Anda tertidur akan dapat melihat tanda tersebut.

Anda harus terbiasa untuk melakukan cek realitas dengan cara mencari tanda-tanda mimpi.