Jika Kamu Masih Gagal, Lakukan Hal Penting Ini

Kegagalan adalah sesuatu yang biasa terjadi pada manusia. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah gagal di dunia ini. Karena itulah, kita sebagai manusia harus tahu cara menghadapi kegagalan, bukan hanya untuk duduk bersedih dan merenunginya.

Nah, jika Anda sampai saat ini mengalami kegagalan berkali-kali dan sudah hampir menyerah, lakukan hal penting ini: siapkan rencana Z. Apa itu rencana Z? Rencana Z adalah rencana cadangan yang bahkan jumlahnya tidak hanya satu atau dua, tapi tak terbatas. Yuk kita simak info lebih lanjut tentang hal ini agar Anda nantinya tetap semangat saat menghadapi kegagalan.

Pertama, kita harus tahu dulu nih mengapa mempunyai banyak rencana cadangan itu penting. Pada intinya, manusia hanya bisa berencana dan Tuhanlah yang menentukan. Maka, kita tidak boleh hanya menyiapkan satu rencana. Satu rencana itu bisa saja berhasil tapi juga ada kemungkinannya untuk gagal. Jika kita hanya punya satu rencana dan gagal, maka kita tidak akan punya rencana cadangan dan kita tidak bisa berbuat apa-apa selain menyesal. Lain ceritanya jika kita mempunyai rencana cadangan atau banyak yang mengistilahkannya dengan plan B. Rencana cadangan ini akan menolong kita untuk cepat bangkit setelah rencana yang pertama gagal. Kita jadi masih akan punya motivasi dan tujuan yang terarah.

Nah, pada bahasan kita kali ini, kita berada dalam kondisi di mana bahkan rencana-rencana kita sudah gagal berkali-kali. Jadi, rencana A sudah gagal, begitu pula rencana B, C, D, dan lain-lainnya. Nah, di sinilah kita membutuhkan plan Z atau rencana Z. Siapkan kosep-konsep dan rencana-rencana sebanyak-banyaknya. Namun ingat, jika setiap rencana gagal, kita tidak hanya harus mengulangi prosesnya tapi juga harus mengintrospeksi rencana kita dan mengintrospeksi diri sendiri mengapa rencana kita gagal. Jika rencana masih belum berhasil juga, jangan mudah menyerah karena kegagalan itu adalah ketika kita berhenti mencoba.

Pada saat melakukan introspeksi ini, jauhkanlah diri Anda dari sikap terlalu percaya diri dan tinggi hati. Jangan pernah berpikir: “Ah, perasaan usahaku sudah bagus kok.” atau “Gak mungkin kalau bisa gagal seperti ini, aku sudah yakin usahaku kemarin benar.”. Berkacalah pada hasilnya dan hasilnya memang menunjukkan Anda belum berhasil. Maka, bersikaplah terbuka pada kritik dan masukan dan juga akuilah jika Anda memang ada kurangnya saat melakukan usaha untuk mencapai kesuksesan tersebut. Jika belum-belum Anda sudah keras kepala, tinggi hati, dan terlalu percaya diri, akan sia-sia saja usaha Anda meskipun Anda mempersiapkan ribuan rencana sekalipun.

Pada intinya, kegagalan dan keberhasilan itu tidak bisa diprediksi. Maka kita sebagai manusia hanya bisa mengantisipasi. Salah satu cara mengantisipasi kegagalan ya dengan mempersiapkan sebanyak mungkin rencana cadangan. Mempunyai banyak rencana cadangan tidak akan sia-sia kok. Karena jika memang tidak dipakai pada saat ini, bisa disimpan untuk lain waktu. Jadi, jangan hanya duduk meratapi kegagalan tapi segeralah eksekusi rencana selanjutnya. Di sinilah pentingnya rencana cadangan akan kelihatan. Adanya rencana cadangan akan membuat Anda tidak punya waktu untuk bersedih memikirkan rencana awal yang gagal berantakan