Ini Dia SIM Online, Terobosan Layanan Baru Dari Polri

Beberapa waktu lalu diumumkan bahwa pengendara sekarang bisa memanfaatkan pembuatan SIM online, di mana semua pengendara kendaraan yang ingin memperpanjang masa berlaku SIM mereka cukup mengakses situs tertentu untuk melakukannya. Layanan ini baru saja diluncurkan pada 6 Desember 2015 silam. Jadi boleh dikatakan bahwa layanan tersebut tergolong baru. Pada tanggal 6 Desember lalu, inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi digital itu diluncurkan serentak di beberapa kota besar di Indonesia.

Inovasi yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia itu tentu saja bakal disambut oleh anggota masyarakat yang memang telah lama berharap bahwa Polri akan mempermudah segala macam urusan yang terkait dengan perpanjangan SIM. Pada intinya, para pengendara dan pengemudi yang tinggal di sebuah daerah yang jauh dari kampung halamannya bisa memperpanjang SIM tanpa harus kembali ke kampung halaman terlebih dahulu. Proses perpanjangan bisa dilalui mulai dari 3 sampai 5 menit; yang berarti adalah efisiensi waktu dan juga kecepatan.

Kabar resmi yang dirilis oleh Polri menyebut bahwa layanan SIM online bisa dilakukan di 45 Satuan Pelaksanaan Administrasi, bus layanan SIM keliling, dan juga di gerai; semuanya tersebar di 38 Polda di seluruh Indonesia. Dengan cara online, pemegang SIM hanya perlu membawa KTP yang masih berlaku dan juga SIM yang ingin diperpanjang.

Ada beberapa prosedur yang harus dilalui oleh mereka yang ingin memanfaatkan layanan SIM online:

  1. Menempuh tes kesehatan, di mana tes ini akan memeriksa kondisi tubuh pengendara dan mencari tahu apakah dia masih cakap mengemudi atau tidak. Petugas dan dokter sudah dipersiapkan di setiap Satuan Pelaksanaan Administrasi Polri.
  2. Setelah tes kesehatan selesai, orang yang ingin memperpanjang SIM kemudian perlu melakukan pembayaran ke Bank Rakyat Indonesia. Ini dilakukan untuk memenuhi syarat administrasi Pendapatan Asli Bukan Pajak.
  3. Biaya perpanjangan SIM bervariasi. SIM A sebesar 80.000 rupiah dan biaya kesehatan sangat tergantung pada wilayah masing-masing. Sedangkan untuk memperpanjang SIM C hanya dibutuhkan biaya sebesar 75.000 rupiah.
  4. Setelah melakukan pembayaran, pemohon dipersilakan untuk mengisi formulir dan menyetorkan sejumlah data.
  5. Input data selesai dilakukan selama 3 sampai 5 menit, namun ini sangat tergantung pada kondisi jaringan yang ada.

Menurut sumber resmi Polri, layanan perpanjangan SIM berbasis online bertujuan untuk memudahkan mereka yang ingin memperpanjang SIM. Pada jaringan internet banking dan ATM pun sudah disediakan menu khusus untuk pembayaran. Cara ini tentu saja akan memudahkan urusan perpanjangan SIM, dan para pemilik SIM tidak perlu lagi membuang banyak waktu hanya untuk memperpanjang izin mengemudi. Di masa depan, Polri tidak hanya akan menyediakan layanan SIM online, melainkan juga bakal memperluas layanan untuk perpanjangan STNK dan pembayaran pajak kendaraan.