Ini Dia Daftar Makanan Menurut Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak jenuh. Kolesterol tidak selamanya buruk dari sisi kesehatan, sebaliknya kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh, yaitu salah satunya untuk organ hati, otak dan jaringan syaraf, bahkan kolesterol juga berperan dalam pembentukan hormon seks.

Pada aktivitas normal, setiap harinya tubuh manusia memerlukan 1.100 mg kolesterol, dimana 25-40% nya sudah diproduksi oleh tubuh kita, dan selebihnya bersumber dari makanan yang kita makan. Namun, jika jumlah kolesterol melebihi dari batas kebutuhan tubuh maka keberadaannya bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti hipertensi, stroke dan bahkan berujung dengan kematian.

Jika Anda tidak ingin terkena penyakit tersebut, maka lebih baik sejak dini Anda mulai membatasi berbagai jenis makanan yang mengandung kolesterol. Jika Anda penasaran apa saja jenis makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi, ini dia daftar makanan menurut kadar kolesterol yang perlu Anda ketahui.

1. Telur

Salah satu jenis makanan yang tidak hanya mengandung protein tetapi juga kadar kolesterol tinggi adalah telur. Bagian telur yang mengandung kolesterol sekitar 1234mg/100gr saji adalah kuning telur dan jumlahnya bisa menjadi semakin tinggi ketika Anda mengolah telur dengan cara yang salah seperti menggoreng dengan minyak.

2. Kaviar

Kaviar adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi yaitu 588mg/100gr saji. Namun demikian, bukan berarti kaviar termasuk makanan yang tidak boleh dimakan, kaviar juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang bisa diserap dengan baik oleh tubuh, jika pengolahan atau penyajiannya dilakukan dalam bentuk kukus atau raw food.

3. Jeroan

Jika Anda penggemar gorengan atau soto, salah satu bahan yang membuat masakan tersebut terasa nikmat adalah jeroan. Namun tahukah Anda ternyata jeroan mengandung kolesterol yang cukup tinggi yaitu sekitar 564mg/100gr saji. Jeroan termasuk bahan olahan yang kadar kolesterolnya paling sulit dicerna tubuh, sehingga ketika Anda mengonsumsi banyak jeroan, kemungkinan untuk terserang berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung maupun stroke semakin tinggi.

4. Mentega

Anda bisa melihat mentega selalu menjadi bahan utama untuk membuat roti atau biskuit dan ketika Anda mengonsumsinya, secara tidak langsung Anda sudah memasukkan tambahan kolesterol 215mg/100gr saji. Kadar kolesterol tersebut bisa lebih besar ketika mentega diolah dengan pemanasan atau dicampur dengan minyak dan telur. Oleh karena itu, jika Anda ingin tetap mengonsumsinya hendaknya Anda tahu berapa jumlah kadar nutrisi maksimal mentega yang harus masuk dalam tubuh setiap minggunya.

5. Udang

Makanan lain yang juga mengandung kolesterol disamping omega 3, omega 6, dan mineral makro adalah udang. Secara umum, udang mengandung 195mg/100gr saji, namun pastinya kadar tersebut juga bisa berbeda tergantung dari jenis udang yang Anda konsumsi, misalnya udang galah dan lobster.

6. Kerang

Selain mengandung antioksidan, omega 3, dan omega 6 yang baik untuk pembentukan saraf otak dalam perbaikan daya ingat, kerang juga mengandung kolesterol sekitar 105mg/100gr saji. Namun demikian, jumlah tersebut bisa berkurang atau bertambah tergantung dari cara pengolahan yang diterapkan. umumnya cara masak dengan menggunakan minyak (digoreng) akan membuat kadar kolesterol kerang lebih tinggi dari kadar kolesterol pada umumnya.

7. Rib eye steak

Steak iga yang umumnya diolah dengan cara dipanggang atau dibakar menyumbang kadar kolesterol cukup tinggi, yaitu sekitar 66mg/4 ons. Oleh karena itu, jika Anda ingin terhindar dari resiko penyakit jantung, Anda bisa membatasi konsumsi makanan rib eye steak sekitar 10 ons dalam sebulan.

8. Junkfood

Kentang goreng, burger, maupun jenis junkfood lain juga menyumbang kolesterol dalam kadar cukup tinggi, yaitu sekitar 33mg/100gr saji. Namun demikian, ada beberapa jenis junkfood yang bisa mengandung kolesterol lebih dari 33mg. Hal tersebut umumnya terkait dengan cara pengolahan makanan yang menggunakan banyak minyak. Semoga bahasan di atas, bisa menjadi referensi Anda untuk menghindari makanan yang banyak mengandung kolesterol demi hidup yang lebih sehat.