Fungsi manajemen yang harus Anda ketahui

Seperti kita ketahui makna dari kata manajemen adalah seni mengelola dan mengatur. Oleh karenanya manajemen ini jenisnya tergantung pada obyek yang diaturnya. Jadi ada manajemen waktu, manajemen emosi, manajemen SDM dan banyak lagi.

Meski manajemen menjadi berbeda tergantung obyeknya, intinya tetap sama yaitu The right thing at the right place. Manajemen juga dianggap sebagai seni yang menonjolkan keindahan. Jika Anda sudah memahaminya, Anda baru bisa menemukan letak keindahannya, nah?

Selanjutnya kita akan berbicara tentang fungsi manajemen, selain fungsi secara umum juga terkait fungsi  manajemen menurut para ahli.

Fungsi Manajemen Secara Umum

Oleh karena ada kalimat ‘The right thing at the right place” itu, maka fungsi manajemen yang utama adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sederhana saja, bila kita membicarakan manajemen waktu, berarti untuk mengatur agar jadwal dan penggunaan waktu Anda bisa lebih terorganisasi.

Definisi Fungsi Manajemen secara umum sendiri adalah merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing, serta dalam pelaksanaannya mengikuti tahapan tertentu.

  1. Fungsi Perencanaan (Planning) adalah kegiatan yang dilakukan untuk membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang ingin diraih.
  2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
    Pengorganisasian adalah membagi kegiatan besar menjadi kegiatan kecil dengan membaginya dalam tugas agar tujuannya tercapai dengan lebih mudah.
  3. Fungsi Pengarahan (Directing)
    Pengarahan adalah tindakan yang mengusahakan agar semua anggota organisasi berusaha mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial.

Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Sedangkan para ahli manajemen mendefinisikan fungsi manajemen sebagai elemen-elemen dasar yang selalu ada dalam proses manajemen. Elemen ini menjadi patokan setiap manajer saat melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Fungsi manajemen menurut para ahli hingga saat ini masih belum seragam baik dari para praktisi sendiri maupun teoritisi. The Liang Gie, menyebutkan bahwa fungsi manajemen meliputi planning, decision making, directing, coordinating, controlling, dan improving. Sedangkan menurut George R. Terry, fungsi manajemen meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling.

Namun meski belum seragam, fungsi manajemen menurut para ahli yang satu dengan yang lainnya secara umum memiliki banyak kesamaan. Kita ambil contoh, fungsi manajemen menurut GR Terry yang tak berbeda jauh dari Henry Fayol. Mereka menyebutkan bahwa menajemen memiliki 4 fungsi utama, yaitu Perencanaan – Pengorganisasian – Pengarahan – Pengendalian.

  1. Perencanaan (Planning). Perencanaan merupakan proses dasar manajemen untuk menentukan langkah mencapai tujuan tertentu. Langkah-langkah tersebut yaitu menetapkan tujuan dan target, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target tersebut, menetapkan sumber daya yang dibutuhkan, serta menentukan standar keberhasilan pencapaian tujuan dan target bisnis.
  1. Pengorganisasian (Organizing). Pengorganisasian adalah aktivitas manajemen secara keseluruhan dalam mengalokasikan semua sumber daya sesuai rencana yang telah ditetapkan. Dalam pengorganisasian, dibuat rencana pembagian kerja dalam struktur organisasi. Struktur organisasi memuat kejelasan pelaksanaan rencana organisasi, koordinasi, dan komunikasi rencana.
  1. Penggerakan (Actuating). Penggerakan merupakan tindakan agar seseorang atau kelompok mau bekerja untuk mengerjakan tugas sehingga dapat selesai sesuai tujuan yang telah ditentukan.
  1. Pengendalian (Controlling). Pengendalian merupakan tugas manajemen untuk melakukan pengawasan atas rencana yang telah ditetapkan serta bagaimana langkah koreksinya. Jika rencana tidak berjalan dengan baik, maka manajer mengoreksi aktivitas yang sedang berjalan, agar tetap tercapai sesuai rencana.

Demikianlah intisari dari fungsi manajemen, selain dilihat  fungsi secara umum, juga dijelaskan fungsi  manajemen menurut para ahli. Dengan lebih memahami ilmu manajemen sebagai sebuah seni, untuk selanjutnya Anda bisa menikmati keindahannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.