Efek Negatif Menggunakan Tas Sandang

Tas sandang atau tas selempang merupakan salah satu jenis tas yang banyak digunakan baik pria atau wanita untuk pergi bekerja maupun acara santai. Seiring dengan perkembangan dunia fashion, banyak sekali model tas sandang yang dijual di pasaran demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Namun demikian, tanpa disadari sebenarnya tas sandang juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa efek negatif menggunakan tas sandang yang harus Anda waspadai:

1. Memicu atrofi otot

Salah satu dampak negatif pemakaian tas sandang adalah munculnya resiko atrofi pada otot atau pengecilan otot karena kontraksi yang dilakukan tidak maksimal. Hal tersebut bisa terjadi ketika beban yang harus ditanggung salah satu lengan lebih berat dibanding lengan lainnya. Peristiwa tersebut memicu lengan yang tidak memiliki beban tidak berkontraksi secara sempurna sehingga lengan yang tidak dilatih kontraksi seimbang akan mengalami penyusutan jaringan secara perlahan.

2. Mengubah struktur tulang

Ketika Anda menggunakan tas dengan beban yang terlalu berat di salah satu sisi tubuh, efek negatif lain yang mungkin terjadi adalah perubahan struktur tulang, dimana secara perlahan tulang akan mengalami kemiringan kesamping dan berkibat skoliosis (tulang belakang berbentuk huruf S). Efek negatif ini umumnya masih bisa disembuhkan dengan terapi gerak maupun dengan korset khusus jika derajat kemiringannya ada di bawah100, namun jika kemiringannya sudah diatas 350, umumnya penyembuhan hanya dapat dilakukan dengan operasi.

3. Nyeri punggung

Pada saat Anda membawa beban berlebih dengan menggunakan tas sandang hanya disalah satu sisi lengan, efek negatif lain yang umumnya cepat terasa adalah nyeri di bagian punggung. Hal tersebut umumnya terjadi karena penekanan di salah satu sisi lengan menimbulkan penekanan saraf di area punggung saat berjalan dan akan terasa semakin parah ketika orang yang bersangkutan juga kekurangan kalsium serta vitamin D.

4. Nyeri bahu

Hampir sama dengan gejala nyeri punggung, pada saat Anda menggunakan tas selempang atau tas sandang yang terisi penuh, akan muncul gejala nyeri bahu yang pastinya membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas. Jika beban yang Anda tahan semakin berat, bukan tidak mungkin otot yang ada di bagian bahu akan mengalami robek bahu dan trauma yang perlu disembuhkan dengan terapi medis.

5. Insomnia

Salah satu efek negatif yang muncul secara tidak langsung ketika Anda membawa beban berat di salah satu sisi lengan adalah mengalami insomnia. Hal tersebut bisa terjadi ketika And mengalami kelelahan otot akibat membawa beban terlalu berat dan memberi efek samping pada abnormalitas ritme bioritmik.

6. Menghambat pertumbuhan tulang

Pada saat pengguna tas sandang adalah anak yang masih ada dalam masa pertumbuhan, kebiasaan tersebut secara tidak langsung akan berakibat pada terhambatnya stimulasi growth hormon dan dampak sampingannya adalah pertumbuhan tulang menjadi terhambat.

Setelah Anda mengetahui berbagai efek negatif di atas, tentu Anda harus melakukan beberapa upaya yang bisa meminimalisir efek negatif yang terjadi, yaitu:

Sering-sering mengganti lengan beban

Jika Anda sudah mulai merasa pegal dengan bawaan yang digantungkan di lengan kiri, gantilah sesegera mungkin dengan lengan kanan, sehingga beban pada kedua lengan terasa seimbang.

Menyesuaikan beban bawaan dengan berat tubuh

Tips lain agar efek negatif tas sandang bisa dihindari adalah menyesuaikan beban barang bawan dalam tas dengan berat tubuh. Hal tersebut bisa membantu kontraksi otot lebih berjalan maksimal untuk jangka panjang.