Berapakah Kemampuan Bumi Menampung Makhluk Hidup?

Dengan pertumbuhan populasi manusia yang dapat dikatakan tinggi, pernahkah terbesit pertanyaan dibenak Anda mengenai sampai berapakah kemampuan bumi menampung makhluk hidup? Pertanyaan yang terdengar cukup mengkhawatirkan ini ternyata secara tidak langsung pernah dijawab oleh sebuah studi yang dilakukan oleh PBB.

Masalah yang Muncul dari Populasi Manusia yang Tidak Terkendali

Bumi menjadi tempat tinggal satu-satunya bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Laju pertambahan populasi manusia yang tidak terkendali diprediksi akan membuat bumi tidak mampu lagi dalam menampung manusia. Berdasarkan sebuah data statistik dari PBB didapatkan sebuah laporan yang cukup mencengangkan yaitu bahwa pada tahun 2100 populasi dunia diprediksi akan membengkak hingga 70 % sehingga jumlah manusia di bumi akan menembus angka 11 miliar orang atau bahkan lebih. Penelitian tersebut dilakukan oleh para ahli internasional yang kemudian diterbitkan dalam sebuah jurnal Science.

Jika prediksi tersebut benar-benar terjadi maka dapat dibayangkan beberapa masalah yang mungkin akan muncul, sekitar 11 miliar orang akan saling berebut makanan hingga kesehatan. Bukan tidak mungkin jika jumlah penduduk yang banyak ini juga dapat menimbulkan gesekan antara umat manusia hingga memunculkan konflik sosial hingga muncul masalah pada lingkungan hidup.

Salah satu aspek yang turut terpengaruh oleh besar kecilnya tingkat populasi manusia dalam sebuah wilayah adalah ketenaga kerjaan. Negara dengan jumlah penduduk yang banyak kemungkinan akan sedikit menyulitkan kemampuan negara tersebut dalam menyediakan lowongan kerja bagi setiap warganya, kondisi ini tentu akan mempengaruhi tingkat ekonomi hingga muncul masalah baru. Selain itu kebutuhan akan sumber daya seperti air, bahan makanan, energi serta tempat tinggal akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya penghuni bumi. Tidak mengherankan jika pada akhirnya terjadi eksploitasi alam secara berlebihan dan akhirnya habis mengingat jumlah sumber daya alam serta  biokapasitas yang disediakan bumi itu terbatas.

Hal-hal untuk Mengendalikan lonjakan jumlah penduduk

Seorang ahli demografi PBB, mengungkapkan bahwa penggunaan data statistik yang diperoleh dari sebuah studi di lapangan ini dapat digunakan untuk melakukan sebuah perkiraan atau proyeksi jumlah penduduk dunia yang dimaksudkan untuk melakukan beberapa perencanaan atau tindakan pencegahan terhadap berbagai masalah yang akan ditimbulkan oleh pembengkak populasi penduduk yang sangat berguna untuk masa depan.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya pembengkakan populasi manusia adalah tingginya tingkat kelahiran, terutama di benua Afrika. Secara umum permasalahan populasi akan sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan, kehidupan yang baik dan juga layak. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah program pengendalian tingkat kelahiran dengan meningkatkan pendidikan serta kesehatan masyarakat.

Beberapa ahli memperkirakan bahwa pengendalian populasi manusia dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan program KB serta pembatasan pada jumlah kelahiran. Dengan bermunculannya tren populasi global ini diharapkan akan adanya penurunan jumlah pembuatan anak dimana dalam setiap keluarga akan hadir satu sampai dua anak saja sehingga rata-rata jumlah anak yang terlahir hanya menggantikan orang tua dari anak itu sendiri, atau mengisi mereka yang meninggal dalam usia muda. Jika program ini berhasil maka populasi manusia akan diprediksi stabil pada angka 9 sampai 10 miliar orang.

Demikianlah pembahasan mengenai kapasitas daya tampung bumi. Seperti yang diungkapkan oleh para ilmuwan dan filsuf, kemampuan bumi dalam menampung mahluk hidup adalah sekitar 9 miliar sampai 10 miliar orang saja. Dimana dengan kapasitas tersebut bumi dirasa masih mampu dalam menyediakan energi dan sumber daya alam yang sangat diperlukan oleh manusia dalam keberlangsungan hidupnya.