Berapa Jarak Normal Antara Mata dan Smartphone?

Smartphone adalah sebuah perangkat komunikasi yang saat ini tidak bisa lepas dari gaya hidup orang modern. Jika dilihat dari segi kebutuhan, smartphone bisa saja menjadi salah satu deretan kebutuhan utama seperti sandang dan papan. Tetapi dengan gaya hidup masyarakat sekarang ini, smartphone bagaikan dua sisi mata uang yang memiliki keuntungan dan kerugian.

Terutama untuk alasan kesehatan, kita juga harus mengetahui jarak yang disarankan antara layar smartphone dan mata penggunanya.  Untuk hal ini dapat kita tinjau dari berbagai kondisi, yaitu diantaranya:

  1. Pada waktu normal dalam kegiatan sehari-hari, jarak pandangan mata dengan smartphone adalah bentuk sudut 450. Dengan sudut tersebut, tubuh Anda akan terasa lebih nyaman dan sehat. Selain itu, efek negatif radiasi smartphone juga bisa diminimalisir.
  2. Pada saat Anda sedang menempuh perjalanan menggunakan mobil, jarak normal yang baik adalah 50 cm. Oleh karena itu, untuk mempermudah akses smartphone, umumnya seseorang akan menggunakan headset atau earphone.
  3. Pada saat Anda bangun tidur, akan lebih baik jika Anda mengakses pada sudut 900 dan menggunakan alat bantu seperti kacamata jika tulisan di handphone tidak terlihat jelas. Hal tersebut dapat membantu Anda meminimalisir efek negatif smartphone untuk organ tubuh seperti jantung dan otak.
  4. Dilihat dari segi pencahayaan ruangan, maka ada bisa menyesuaiakan jarak yang bisa dipakai untuk akses smartphone sehingga tidak membuat mata Anda sakit.
  5. Ketika Anda berada di ruangan yang mendapat pantulan sinar cahaya matahari pagi, maka jarak normal yang bisa Anda pakai adalah sudut 900 (jika smartphone ada dalam posisi diatas meja) atau jarak baca 50 cm (jika smartphone ada dalam kondisi digenggam). Namun demikian, ketika Anda mengakses smatphone dalam kondisi terang benderang, agar mata tidak cepat lelah, beri jeda setiap 10-15 menit setiap akses.
  6. Ketika Anda berada di ruangan tertutup yang memiliki pencahayaan dari lampu berdaya tinggi, maka akan lebih baik jika Anda mengurangi “brightness pada layar” kemudian mengatur jarak akses hingga 50-70cm. Dengan demikian, daya akomodasi lensa mata akan berjalan optimal dan mata tidak mudah lelah. Namun ketika, Anda berada dalam kondisi lelah, Anda bisa mengatur jarak akses di jarak yang sama, hanya saja waktu aksesnya bisa dibatasi sekitar 15-20 menit saja.
  7. Pada saat Anda baru datang dari luar ruangan, Anda juga harus mengatur jarak akses Anda terhadap smartphone yang dimiliki. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, karena pada saat berada diluar ruangan, Anda rentan mengalami radiasi sinar matahari yang bisa merusak kontraksi otot retina. Jarak normal yang bisa Anda coba aplikasikan adalah sekitar 30-50cm, dengan sudut kemiringan genggaman saat mengoperasikan smatphone adalah 450-600.
  8. Pada saat Anda sedang berbaring dan ingin mengakses smartphone, jarak yang paling aman untuk akses sekitar 70-90cm atau saat kedua lengan tegak lurus dengan posisi kepala yang sedikit terangkat 15-200.