Beban tak kan melampuai kekuatanmu

Tuhan tak akan pernah memberikan Beban yang tak kan melampuai kekuatanmu. Sejatinya setiap dari kita memiliki kapasitas untuk menghadapi masalah masing-masing.  Kegagalan tidak harus menjadi salah satu hal yang membuat kita semakin terpuruk, Begitu pula dengan beban hidup. Ketika anda mengalami masa sulit, merasa terbebani dengan hidup, bersabar menjadi kunci untuk mengangkat bebanmu. Tak ada pilihan lain selain bersabar agar masalah dan beban hilang. Bersabarlah dengan diri anda sendiri.

Membangun kesabaran sebagai Proteksi atas Dirimu

Kesabaran sejatinya merupakan cara untuk melindungi dari kesalahan sama halnya pakaian yang melekat di badan untuk melindungi dari dingin. Jika anda menumbuhkan kesabaran dalam diri ketika anda melakukan kesalahan, maka kesalahan tersebut tidak akan berdampak buruk bagi anda. Poin ini akan sangat berguna sekali ketika kita melakukan kesalahan. Kesalahan yang berakibat pada kegagalan tidak akan membuat kamu merasa dunia seakan berakhir. Kegagalan maupun ujian tidak akan lagi memberi kekuatan emosional yang membuat anda ingin menyerah. Sebaliknya, dengan kesabaran anda akan tetap mengerjakan apa yang diyakini dan menyesuaikan cara dengan memperbaiki kesalahan yang dilakukan agar tak terulang lagi kegagalan di masa lalu.

Membangun kesabaran tidaklah sama dengan membangun rumah pasir. Membangun kesabaran harus diusahakan setiap hari agar semakin kokoh dengan pondasi yang kuat. Semakin bersabar, maka hal-hal disekitar kita tak akan pernah menjadi beban lagi dan hambatan untuk maju. Jangan sampai ketika terbebani dengan masalah membuat anda menyerah, merasa takut gagal dan tak tahu hal apa yang harus anda lakukan.

Cara Terbaik Menghadapi Beban Masalah

Setiap orang memiliki persoalan hidup, dimanapun, apaun, dengan siapapun, dan kapanpun. Meski setiap orang memiliki masalah yang berbeda namun adakalanya ketika mereka dihadapkan dengan permasalahan yang sama mereka memiliki sikap yang berbeda. Ada beberapa orang yang dapat menghadapi setiap masalah dan beban yang ada dipundaknya sebagai kenikmatan hidup yang harus diajalani, ada pula yang gusar, kalut, takut dan sebagainya menghadapi masalah hidup. Berikut beberapa tips dan kiat agar dapat melewati beban hidup.

  • Siap. Apa yang harus disiapkan? Kesiapan untuk menghadapi segala sesuatu yang tidak cocok dengan keinnginan yang diharapkan sat mendapatkan solusi untuk permasalahan. Keahuilah, saat kita , manusia, memiliki rencana, maka Tuhan pun sama. Bahkan terkadang Tuhan memiliki sesuatu yang indah di akhir. Seberapa sering kita merasa bahwa kita sudah merasa maksimal untuk menyelesaikan masalah, berikhtiar, namun ternyata hasil yang diinginkan ternyata berbeda.
  • Ridha. Apabila kita sudah siap untuk menghadapai segala sesuatu yang akan terjadi, dan apabila hal tersebut terjadi juga, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mengolah hati agar tetap ridha /rela menerima kenyataan yang ada. Meskipun kecewa, dongkol, kenyataan adalah kenyataan yang sudah terjadi, kita tak dapat mengubah yang sudah terjadi, Yang perlu dilakukan adalah memperbaiki. Menyadari bahwa kehidupan tidak selalu monoton, ada suka dan duka.  Sikapi dengan arif setiap kejadian yang ada dengan kepala dingin, hati yang ikhlas, dan hilangkan keluh kesah yang tak berarti. Keluh kesah hanya akan membuat semakin merasa nelangsa.
  • Jangan mempersulit diri sendiri. Jujurlah kawan, kita ini manusia yang seringkali mempersulit diri sendiri. Kita seringkali suka mendramatisasi, mempersulit diri sendiri ketika ada masalah. Akhirnya timbul ungkapan”sudah jatuh tertimpa tangga”.
  • Evaluasi diri agar selalu dapat meningkatkan kualitas diri. Dengan ini, seberat apapun beban yang dipikul,percayalah bahwaBeban tak kan melampuai kekuatanmu,