8 Tips Mengatasi Ngantuk di Tempat Kerja

Tidur adalah sesuatu hal yang sangat nikmat dalam hidup, tetapi bagaimana kalau tidurnya pada saat jam kerja? Ada 2 kemungkinan yang bisa terjadi. Yang pertama anda akan kehilangan rasa kantuk dan yang kedua akan kehilangan pekerjaan. Nah pasti anda tidak mau kan gara-gara hal sepele anda bisa kehilangan pekerjaan. Hati-hati, rasa kantuk itu biasanya datang pada saat sehabis makan siang dan akan membuat jadi males-malesan untuk bekerja. Bahkan tak jarang para karyawan yang tidak bisa menahan rasa kantuk akhirnya tertidur di depan komputer kerjanya.

Kebanyakan orang menghilangkan rasa kantuk dengan cara minum kopi atau minum minuman berenergi. Tetapi hal ini tidak pantas dibiasakan, karena kafein itu tidak baik bagi tubuh. Nah dalam artikel ini akan dijelaskan 8 tips untuk mengatasi ngantuk di tempat kerja, tentunya tips yang sehat, alami dan tanpa kafein.

1. Berolahraga

Mungkin sebagian teman kantor menganggap anda aneh kalau berolahraga di tengah kantor, tetapi berolahraga sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja, mengapa? Karena saat anda berolahraga kecil, jantung memompa darah lebih cepat yang mengakibatkan memberikan asupan oksigen yang banyak ke tubuh anda dan rasa kantuknya pun hilang. Anda juga bisa coba squad jump, sit up, push up, dan lari kecil di tangga darurat kantor.

2. Ngemil

Nah ngemil pun bisa menghilangkan rasa kantuk saat bekerja, tetapi anda juga harus memilih cemilan yang tepat. Jangan memilih cemilan yang terlalu manis dan cobalah membeli cemilan yang cenderung asam atau pedas, misalnya rujak yang bisa membuat mata anda melek.

3. Dinginkan kepala

Tenangkan pikiran dan segera ambil air yang sangat dingin, serta tambahkan lemon tetapi tanpa gula. Minumlah sedikit demi sedikit, makin diminum makin hilang rasa kantuk atau anda juga bisa cara lain yaitu ambil potogan es dan taruh di dahi atau taruh di pergelangan tangan. Rasa dingin akibat es akan menghilangkan rasa kantuk.

4. Jalan keluar kantor

Gabungan antara cahaya lampu, monitor komputer, AC bisa membuat rasa kantuk anda semakin menjadi-jadi. Cobalah luangkan waktu anda kurang lebih 20 menit untuk jalan-jalan ke luar kantor menikmati udara luar serta menjernihkan pikiran. Kondisi di luar kantor akan membuat anda semangat lagi dan rasa kantuknya pun menghilang.

5. Mengolah otak

Mungkin dalam pikiran anda kenapa harus olah otak? Yang ada malah tambah ngantuk. Tapi menurut penelitian, melatih otak untuk bekerja ekstra membuat rasa kantuk akan hilang. Anda bisa memainkan permainan sudoku, mengisi TTS, dan bermain catur dengan karyawan lain.

6. Memompa adrenalin

Anda bisa menonton film action atau film horor sebentar saja agar adrenalin anda naik. Apabila adrenalin naik, rasa ngantuk yang anda alami akan menghilang.

7. Ganti posisi duduk

Posisi duduk yang monoton akan membuat rasa kantuk semakin besar. Cobalah untuk mengganti posisi duduk anda menjadi tegak dan kaki disila atau juga bisa berdiri sebentar sekitar kurang-lebih 5 menit dan duduk kembali lalu lanjutkan pekerjaan anda.

8. Hirup Wangi Wangian

Siapkan lotion atau parfurm dengan wangi yang segar. Jika dirasa kantuk mulai melanda anda, anda bisa oleskan lotion atau parfurm itu ke pergelangan tangan atau bagian tubuh apapun yang dekat dengan hidung. Tetapi hindari wangi lavender karena akan menambah rasa kantuk.