7 Langkah mudah agar tetap fit diumur 40-an

Kesehatan itu salah satu aset yang harus kita jaga dan kita rawat dari se-dini mungkin agar kelak di masa depan setidaknya mengurangi angka resiko terkena penyakit kronis. Banyak sekali orang yang sudah berkepala 4 mengalami penyakit penyakit yang sangat parah. Mulai dari stroke, jantung, pikun, dll. Justru di usia kepala 4 soal materi dan psikologis sudah terbilang mapan tetapi itu sia sia kalau kesehatannya tidak dijaga.

Tidak ada kata terlambat untuk hidup sehat, walaupun memang seharusnya dari dulu kita harus menjaga kesehatan mulai dari olahraga, pola makan dan pola tidur juga berpengaruh. Nah dalam artikel ini saya akan berbagi gimana sih caranya tetap fit walaupun sudah berumur 40 ke atas.

1. Selalu timbang badang setiap hari

Cara pertama ini memang sangat aneh tetapi cara ini juga bermanfaat untuk anda mengatur serta mengawasi berat badan anda agar tetap di posisi ideal. Mungkin bisa naik dan bisa turun tapi tidak terlalu drastis justru itu letakan timbangan badan di samping pintu kamar mandi sangat efektif.

2. Memperbanyak minum air putih

Air putih berperan banyak untuk menghilangkan zat buruk pada tubuh serta membantu agar ginjal sehat juga. Minumlah air putih kurang lebih 8 gelas setiap hari kalau bisa lebih juga tidak mengapa. Daripada meminum minuman energi yang mengandung bahan yang tidak kita tau dan menyebabkan ginjal kita bermasalah.

3. Jangan makan makanan junkfood/cepat saji

Makanan cepat saji sangat tidak di sarankan bagi anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas karena metabolisme pada usia tersebut sangat rentan tidak seperti pas saat muda. Karena makanan cepat saji tidak dimasak dengan benar dan juga tidak matang. Untuk itu disarankan menjauhi makanan cepat saji, bisa juga makanan cepat saji adalah pemicu dari penyakit kanker dan juga hanya membuat badan anda gemuk dan tidak sehat.

4. Pastikan tidur tepat waktu

Mendapatkan tidur yang cukup memang susah tetapi cobalah untuk mendapatkannya. Kombinasi antara air putih dan tidur tepat waktu adalah dasar dasar dari hidup sehat. Setidaknya manusia tidur 8 jam per hari agar keesokan harinya bisa melakukan aktivitas dengan bersemangat. Memiliki kasur yang nyaman juga membantu agar tidur malam anda berkualitas. Memang mahal tetapi demi kesehatan kita juga apa salahnya.

5. Usahakan selalu bergerak

Walaupun usia anda sudah tidak muda lagi tapi jangan berfikiran hanya duduk dan menonton televisi saja. usahakanlah bergerak walaupun hanya lari lari kecil, senam senam kecil agar persendian anda selalu luwes tidak kaku. Apalagi di usia 40 tahunan sangat rentan terkena osteoporosis jadi berhati hatilah. Lebih baik anda pergi ke klub kesehatan daripada menonton tv dirumah.

6. Makan buah buahan dan sayur sayuran

Buah buahan serta sayur sayuran sangat berperan bagi kesehatan tubuh anda. Kandungan serat yang banyak serta vitamin yang terkandung didalamnya membuat badan anda di lindungi dari virus virus jahat yang ingin menggerogoti tubuh anda.

7. Olahraga yang rutin

Disamping memakan buah buahan serta sayur sayuran harus juga diseimbangkan dengan berolahraga. Jangan melakukan olahraga yang berat ya justru sangat berbahaya terkena cidera. Hanya lari lari kecil saja dan olah lemak anda menjadi keringat. Apalagi jaman sekarang ada yang namanya CFD (Car Free Day) yang dipakai masyarakat untuk membakar kalori dan menghirup udara nyaman tanpa polusi.