6 Tips Mencuci agar Warna Baju Tidak Luntur

Pernahkah Anda mencuci baju dan hasilnya warna dari baju tersebut luntur? Ada tiga kemungkinan yang dapat terjadi. Pertama, Anda yang salah dalam mencuci baju tersebut. Kedua, memang warna baju tersebut akan luntur ketika dicuci. Dan ketiga, Anda menggunakan detergen yang membuat warna baju menjadi luntur. Tidak perlu pusing, jika kejadian tersebut menimpa Anda setiap kali mencuci baju, maka kenali 6 tips yang akan diberikan berikut ini agar warna baju Anda tidak luntur.

1. Ketahui Kondisi Baju yang akan dicuci

Tips yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengetahui kondisi baju tersebut sebelum dicuci. Apakah jenis baju tersebut mudah luntur atau tidak dengan melihat warna dan sifat kainnya. Kondisi baju yang mudah luntur adalah baju yang dominan memiliki warna cerah, seperti merah, oranye, kuning, hijau. Namun, sekali lagi Anda akan lebih yakin bahwa baju tersebut akan luntur ketika dicuci dengan memegangnya secara langsung.

2. Cuci Baju Luntur secara Terpisah

Jika Anda sudah mengetahui bahwa ada baju yang saat dicuci akan luntur, maka jangan campurkan dengan baju-baju lainnya. Cucilah baju yang luntur secara terpisah. Ini guna mengantisipasi agar baju Anda yang luntur menjadi tidak luntur. Kemudian setiap kali hendak mencuci baju yang mudah luntur, baliklah posisi baju tersebut. Baju bagian luar menjadi di bagian dalam saat mencuci.

3. Rendamlah Dahulu 30 Menit

Anda jangan buru-buru untuk mencuci baju yang luntur. Baju yang luntur dapat menjadi tidak luntur ketika Anda mengikuti setiap tahapan dari tips ini. Yaitu, sabar menunggu untuk tidak segera buru-buru dicuci. Rendamlah dahulu baju tersebut dalam sebuah ember atau wadah seperti baskom yang sudah diisi dengan air sabun. Kemudian biarkan terendam selama 30 menit. Setelah itu, lihatlah apakah warna dari air sabun terjadi perubahan warna. Jika ternyata air sabun menjadi berubah sama seperti warna baju yang direndam, maka cucilah secara terpisah. Ingat, cucilah menggunakan tangan, bukan mesin cuci.

4. Tidak Perlu Menambahkan Bahan Apapun Ketika Mencuci Baju

Kadang-kala ibu-ibu rumah tangga akan menambahkan cuka ataupun garam untuk mencuci baju yang luntur. Padahal cara tersebut adalah salah total. Keinginan agar baju tidak luntur menjadi semakin luntur dan merusak warna baju itu sendiri. Ketika Anda hendak mencuci baju tersebut, lebih baik gunakan saja deterjen yang sudah terkenal dengan kualitasnya. Tidak perlu menambahkan bahan apapun termasuk garam dan juga cuka.

5. Mencuci Baju Dalam Rendaman Air Dingin

Ketika Anda hendak mencuci baju agar tidak luntur, maka cucilah dengan menggunakan rendaman air dingin. Mencuci baju agar tidak luntur dengan air dingin sudah terbukti sangat efektif. Air dingin dapat menjaga kondisi sifat kain dari baju tidak mudah rusak. Bahkan air dingin juga dapat menjaga ketahanan warna dari baju yang semula mudah luntur menjadi tidak mudah luntur.

6. Cuci Baju dengan Color Catcher

Jika ternyata diketahui baju Anda termasuk parah kondisinya. Dalam arti kelunturan terjadi setiap kali mencuci, maka cucilah dengan Color Catcher. Color Catcher dapat Anda peroleh di toko-toko khusus cuci pakaian. Color Ctatcher sendiri memiliki bentuk lembaran dan dapat mempertahankan warna baju agar tidak luntur.

Demikianlah keenam tips di atas yang dapat Anda terapkan dalam mencuci baju yang luntur. Dengan enam buah tips di atas, harapannya adalah baju Anda menjadi tidak luntur. Dan warna dari baju Anda tetap baik dan cerah, tidak pudar.