5 Pemain Indonesia Yang Bermain di Luar Negeri

Dunia sepakbola Indonesia sedang berduka. Ini tidak lain dikarenakan sanksi FIFA yang membuat Indonesia terasing dari percaturan sepakbola internasional. Dengan adanya sanksi FIFA, Tim Nasional Indonesia tidak bisa berlaga di berbagai kompetisi internasional. Fakta ini merupakan sebuah kerugian bagi para pemain sepakbola. Untuk apa berlatih keras jika nyatanya Indonesia tidak bisa berkompetisi di luar negeri? Begitu mungkin jalan pikiran sebagian besar pesebakbola tanah air. Beberapa pesepakbola Indonesia kemudian memutuskan untuk berkarir di luar negeri, sementara yang lain mencoba mencari jalan keluar negeri.

Nah, sudah ada beberapa nama pesepakbola Indonesia yang memutuskan untuk mengadu peruntungan di luar negeri. Berikut lima dari banyak nama pesepakbola yang memutuskan untuk melanjutkan karir di luar negeri.

1. Andik Vermansyah

Andik-Vermansyah-OnhitsDigadang-gadang sebagai pemain masa depan Indonesia, Andik kini memutuskan untuk bermain di klub Selangor FC. Pemain kelahiran 1991 segera menuai sukses di negeri Jiran itu, sebab dia dianggap layak masuk daftar Tim Terbaik di liga lokal Malaysia. Media Malaysia menulis bahwa Andik adalah pemain muda yang penuh dengan kecepatan dan talenta.

2. Junda Irawan

Junda-Irawan-OnhitsJunda Irawan adalah pemain muda Indonesia yang pernah mengantarkan Timnas U-15 menjadi juara pada Piala Asia Pelajar U-15. Kini dia memperkuat klub Brisbane Roar yang bermarkas di Australia. Namun dia tidak langsung diterjunkan ke tim utama. Sama seperti pemain junior lainnya, Junda menimba ilmu di tim junior Brisbane Roar.

3. Irfan Bachdim

Irfan-Bachdim-OnhitsIrfan memiliki darah asing yang mengalir di dalam tubuhnya. Kendati demikian, ia bukanlah pemain naturalisasi, melainkan pemain yang memang sudah memiliki status sebagai WNI sejak lahir. Ia kini memperkuat klub Jepang, Consadole Sapporo, yang merupakan klub anggota kompetisi J-League 2. Irfan memainkan debutnya pada awal Mei lalu. Tidak hanya berkarir di Jepang, Irfan juga pernah memperkuat sejumlah klub luar neger seperti Venrforet Kofu, Chonburi FC Sriracha, SV Argon, HFC Haaerlem, dan FC Utrecht.

4. Arthur Irawan

Arthur-Irawan-OnhitsSempat terpetik kabar bahwa Arthur mendapatkan kesempatan untuk berlaga bersama Malaga, sebuah tim anggota La Liga Spanyol. Setelah beberapa pertandingan uji coba, kesempatan itu sirna karena Arthur gagal menembus tim utama. Arthur kemudian pindah mencoba peruntungan di Belgia, di mana dia bergabung dengan Waasland guna berkompetisi di Belgian Pro League. Sebelumnya Arthur memperkuat klub Waasland-Beveren.

5. Syaffarizal Mursalin Agri

Syaffarizal-Mursalin-Agri-OnhitsFarri Agri, demikian nama panggilannya, bermain bersama Al-Khor, klub asal Qatar. Dia lahir dari pasangan Aceh yang kini bermukim di negara tersebut. Farri memang pemain berbakat. Dia pernah membuat 15 gol dalam kompetisi U-14 yang diadakan di Qatar. Kemampuannya yang di atas rata-rata membuat Federasi Sepakbola Qatar tertarik untuk memberikan fasilitas latihan jangka panjang. Dia juga ditawari kewarganegaraan Qatar kendati dia mengaku tidak berniat membela Timnas lain selain Indonesia.