5 Makanan dan Minuman Sehat Bagi Otak

Dalam banyak hal, otak merupakan sebuah bagian tubuh yang perlu dirawat seksama. Hal ini bukan hanya karena ia menjadi bagian yang sangat penting, melainkan karena otak merupakan pusat dari segala macam kegiatan berpikir. Kebanyakan orang mengabaikan pentingnya nutrisi bagi otak, dan kebanyakan dari mereka juga mengabaikan satu hal: daya ingat sebagai salah satu kemampuan manusia yang penting juga perlu dipelihara. Berdasarkan pemikiran tersebut, kiranya penting bagi orang untuk memperhatikan kesehatan otak secara optimal.

Meminum beberapa macam suplemen makanan serta mengkonsumsi vitamin merupakan beberapa cara bagus untuk meningkatkan kemampuan otak serta mempertahankan vitalitasnya. Selain meminum suplemen dan mengkonsumsi vitamin, ada beberapa jenis makanan yang patut dikonsumsi untuk mempertahankan kesehatan serta vitalitas otak. Berikut daftar makanan dan minuman yang mampu meningkatkan kesehatan otak:

1. Teh hijau

Air merupakan komponen otak yang penting, dan 10% bagian otak terdiri dari air. Karena itu sangat penting untuk menjaganya dari dehidrasi. Teh hijau sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin memelihara kesehatan otak, sekaligus ingin meningkatkan kewaspadaan mental. Lebih jauh lagi, teh hijau juga bisa meningkatkan kapasitas memori. Kandungan anti-oksidan yang dimiliki teh hijau juga bakal meminimalisir resiko kemunculan demensia.

2. Telur

Sejumlah mineral dan vitamin yang terkandung di dalam telur dikenal memiliki kemampuan untuk mempertahankan kesehatan otak. Telur juga mengandung banyak zat besi yang membantu memperlancar pasokan oksigen ke otak manusia. Selain itu, bahan makanan yang mengandung iodine dan vitamin B12 ini juga membantu meningkatkan kewaspadaan dan fokus.

3. Dark Chocolate

Coklat, terutama coklat berwarna gelap, bukanlah sebuah makanan jahat yang bakal membuat tubuh gemuk. Dark Chocolate mengandung zat flavonoid yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Zat ini akan meningkatkan kemampuan mengingat sekaligus membantu menciptakan neuron baru.

4. Sayuran

Sungguh mengherankan ketika ada orang yang mengaku tidak menyukai sayuran. Banyak jenis sayuran terbukti memberikan manfaat besar bagi tubuh, terutama bagi kesehatan otak. Sayuran yang khas seperti brokoli dan bayam mengandung vitamin C, beta-karoten, dan asam folat yang mampu membantu kesehatan otak secara optimal.

5. Minyak ikan atau ikan berminyak

Keduanya sama saja, karena mengandung Omega-3 yang terbukti sebagai zat terbaik untuk menjaga kesehatan otak. Berbagai jenis ikan seperti salmon, sarden, dan kemasan mackerel bisa dikonsumsi dua kali seminggu. Dengan begitu, orang yang mengkonsumsinya akan terhindari dari risiko kemunculan masalah pada otak. Lebih jauh lagi, ikan berminyak dan minyak ikan membantu mencegah kehilangan memori.

Ada banyak jenis makanan yang ternyata terbukti bermanfaat besar bagi kesehatan otak. Kelima makanan dan minuman di atas patut dikonsumsi dan dihidangkan di atas meja makan secara periodik, supaya setiap anggota keluarga merasakan manfaat besar atasnya.